Thursday 19 January 2012

Psikologi Lintas Budaya

PENGERTIAN PSIKOLOGI LINTAS BUDAYA :

Psikologi lintas-budaya adalah cabang dari psikologi yang melihat bagaimana faktor-faktor budaya mempengaruhi perilaku manusia. The International Association of Cross-Cultural Psychology (IACCP) didirikan pada tahun 1972, terus tumbuh dan berkembang sejak saat itu. Hari ini, terjadi peningkatan jumlah psikolog yang menyelidiki perbedaan perilaku antara berbagai budaya di seluruh dunia.

Budaya mengacu pada banyak karakteristik dari sekelompok orang, termasuk sikap, perilaku, adat istiadat dan nilai-nilai yang ditransmisikan dari satu generasi ke generasi berikutnya (Matsumoto, 2000). Tujuan dari psikologi lintas-budaya adalah untuk melihat kedua perilaku universal dan perilaku yang unik untuk mengidentifikasi di mana dampak perilaku kita, kehidupan keluarga, pendidikan, pengalaman sosial dan daerah lainnya.

Banyak psikolog lintas-budaya yang memilih untuk fokus pada satu dari dua pendekatan:

- Pendekatan etik berfokus pada mempelajari bagaimana budaya yang berbeda adalah serupa.

- Pendekatan emik berfokus pada mempelajari perbedaan antara budaya.

Beberapa pengertian psikologi lintas budaya dari tokoh lain adalah :

- penelitian lintas budaya dalam psikologi adalah perbandingan variabel psikologis secara sistematis yang jelas dalam kondisi budaya yang berbeda dalam rangka untuk menentukan pendahulu dan proses yang menengahi munculnya perbedaan perilaku. ( Ecksenberger, 1972 )

- psikologi lintas budaya adalah studi empiris pada anggota berbagai kelompok kebudayaan yang mempunyai perbedaan pengalaman yang mengarah pada tanda dan perilaku berbeda yang dapat diprediksi. mayoritas penelitian yang dilakukan adalah penelitian pada kelompok yang berbicara dengan bahasa yang berbeda dan diatur oleh unit politik yang berbeda. ( Brislin, Lonner, Thorndike, 1973 )

- penelitian tentang psikologi lintas budaya adalah berbagai macam tipe penelitian tentang perilaku manusia yang memperbandingkan antara dua atau lebih budaya yg ada. ( Matsumoto, 1996 )

- psikologi lintas budaya adalah studi tentang persamaan dan perbedaan fungsi psikologis individu dalam berbagai budaya dan kelompok etnis, serta hubungan antara variabel psikologis dan budaya sosial, ekologi, variabel biologi, serta perubahan variabel-variabel tersebut. ( Berry, 1992 )

RUANG LINGKUP PSIKOLOGI LINTAS BUDAYA :

Apabila dirinci, maka ruang lingkup psikologi lintas budaya adalah dampak budaya yang berbeda terhadap perilaku pikiran, dan emosi pada suatu kelompok etnis atau budaya yang berbeda.

HUBUNGAN PSIKOLOGI LINTAS BUDAYA DENGAN DISIPLIN ILMU LAIN :

Psikologi lintas budaya mempunyai pengaruh ilmu terutama pada antropologi dan juga psikologi. Pada antropologi di pelajari akulturasi dan enkulturasi dan juga cross cultural yang berpengaruh pada kebudayaan dan juga orang pada kebudayaan tersebut, sedang dalam psikologi mempelajari tingkah laku manusia dalam berhubungan dengan masyarakat sekitarnya selain itu juga mempelajari individu dengan latar masyarakat yang berbeda.

No comments:

Post a Comment